#htmlcaption1 Go UP! Pure Javascript. No jQuery. No flash. #htmlcaption2 #htmlcaption3

Friday, March 23, 2012

10 Kategori Perbuatan Sia-Sia

Sufyan ats-Tsauri, seorang ulama hadist yang terkemuka, menyatakan bahwa ada sepuluh hal yang termasuk dalam kategori sia-sia, yaitu:

1,.. Laki-laki atau wanita yang berdoa untuk dirinya sendiri, tapi tidak dimohonkannya doa untuk ibu-bapaknya sendiri dan kaum Muslimin.

2,.. Orang yang kerapkali membaca Al Quran, tapi tidak membaca secara tertib sampai seratus ayat tiap-tiap hari.

3,.. Laki-laki yang masuk ke dalam masjid, kemudian ia keluar kembali dari masjid itu tanpa mengerjakan shalat tahiyatul-masjid.

4,.. Orang-orang yang melewati tanah perkuburan, tapi tidak mengucapkan salam kepada penghuni-penghuni kubur dan tidak mendoakan untuk keselamatan arwah-arwah mereka.

5,.. Laki-laki yang masuk pada hari Jumat ke suatu kota, kemudian ia keluar lagi dari kota itu tanpa mengerjakan shalat Jumat berjamaah.

6,.. Laki-laki atau wanita yang tinggal di suatu lingkungan dengan seorang ulama, tapi dia tidak mempergunakan kesempatan itu untuk menambah ilmu pengetahuan.

7,.. Dua orang laki-laki yang bersahabat, tapi mereka tidak saling menanyakan tentang keadaan masing-masing dan keluarganya.

8,.. Laki-laki yang mengundang seseorang menjadi tamunya, tapi tidak diacuhkan dan tidak dilayani tamunya itu.

9,.. Pemuda yang menjadikan zaman mudanya berlalu begitu saja tanpa memanfaatkan waktu yang beharga itu untuk menuntut ilmu dan meningkatkan budi pekerti.

10,.. Orang yang tidak menyadari tetangganya yang merintih lantaran kelaparan, sedang ia sendiri makan kekeyangan di dalam rumahnya.




Kita tidak pernah menghitung dosa yang kita lakukan dalam satu hari, satu minggu, satu bulan, satu tahun apalagi sepanjang usia kita ? . . .

Allah berfirman dalam surat az-Zumar [39]: 53 "Katakanlah: "Hai hamba-hambaKu yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah yang Maha pengampun lagi Maha Penyayang."

Indah sekali ayat ini, Allah menyapa dengan panggilan yang bernada teguran, namun tidak di ikuti dengan kalimat yang berbau murka. Justru Allah mengingatkan untuk tidak berputus asa dari rahmat Allah. Allah pun menjanjikan untuk mengampuni dosa-dosa.

Ketika Allah dengan Maha kebesaran-Nya menyatakan demikian, maka seperti onta yang sesat jalan dan mungkin telah tenggelam di dasar samudera, mengapa tak berjalan kembali menuju Allah dan menangis di "Kaki Kebesaran-Nya" mengakui kesalahan dan memohon ampunan-Nya . . .

Ya Allah, tolonglah aku, hanya Kau saja Yang Maha Memberi pertolongan. Ya Allah, permudahkan juga sahabat-sahabatku yang lain dalam perjuangan mereka. Janganlah hendaknya kesibukan kami menjauhkan silaturrahim antara kami. Ya Allah, tolonglah kami semua... ampunkan dosa kami yang kadang-kadang lalai dan bahkan sering kali lalai, ampunkah kami Ya Allah, permudahkanlah ilmu ini masuk ke dalam hati kami, jernihkanlah hati kami, bantulah kami memperbaiki niat kami, kuatkanlah keikhlasan kami, bantulah kami Ya Allah, bantulah kami Ya Allah, bantulah kami Ya Allah ...

Wallahul Musta'an, Ya Allah ... tolonglah kami ... kami tiada daya tanpa hidayah dariMu ... Aamiin Ya Robbal Alamiin.

No comments: